Jumat, 19 Februari 2016

Bencana Alam

Bencana alam adalah suatu kejadian alam yang dapat mengakibatkan dampak yang sangat besar bagi manusia. Walaupun bencana-bencana tersebut sudah biasa terjadi di bumi, tetap saja kita tidak bisa menghindarinya dan menghentikannya, kita hanya dapat mencegah bencana itu berakibat parah jika terjadi kembali.

Kerugian yang dihasilkan suatu bencana tergantung dari persiapan pencegahannya, jika persiapan yang dilakukan sudah cukup benar maka kemungkinan menderita kerugian tidaklah besar. Bencana alam merupakan konsukuensi bagi keterlibatan manusia terhadap pengerusakan alam yang ada. Setidaknya dengan mencegahnya dengan memulai untuk merawat alam sekitar, tidak membuang sampah sembarangan, memperbanyak ibadah kepada Sang Ilahi Rabbi, maka kemungkinan untuk terjadinya bencana menjadi kecil.

Macam-macam Bencana Yang Terjadi Di Sekitar Kita

Hampir setiap belahan dunia merasakan ancaman bencana, dari langit, tanah maupun air selalu setia untuk menghampiri kita, ini dia macam-macam bencana alam di sekitar kita:

Banjir

nurchaerah.wordpress.com

Banjir adalah bencana alam yang diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi dengan tidak diimbanginya saluran-saluran pembuangan air yang memadai, sehingga banjir merendam berbagai macam wilayah yang cukup luas. Banjir umumnya terjadi karena luapan sungai yang tidak mampu menahan derasnya air yang datang sehingga menyebabkan jebolnya sistem perairan di suatu daerah. Ada juga karena ulah manusia sendiri karena membuang sampah sembarangan dan menebang pohon-pohon yang ada, pohon bermanfaat sebagai penyerap air ketika hujan. Karena sudah banyak pohon yang ditebang, maka sudah dipastikan akibat yang akan di derita.

Gempa Bumi

blj.co.id

Gempa bumi merupakan bencana yang tidak dapat di prediksi sebelumnya tetapi dapat diukur kekuatannya. Tingkat kerusakannya tergantung kekuatan gempa tersebut, jika gempa bumi terjadi dengan kekuatan yang kecil, maka kerusakan yang dialami tidaklah parah. Berbeda jika gempa bumi dengan kekuatan besar, hal yang akan terjadi adalah banyak bangunan yang roboh karena tidak sanggup menahan kerasnya goncangan yang ditimbulkan oleh gempa. Gempa sendiri terjadi karena pergerakan magma yang ada di dalam perut bumi, sehingga mengakibatkan pergerakan lempengan bumi. Karena pergerakan lempengan itulah menghasilkan sebuah energi pelepasan berupa guncangan yang kuat.

Biasanya gempa bumi terjadi di daerah-daerah yang dekat dengan patahan lempengan bumi. Karena datangnya gempa tidak dapat diperkirakan, maka gempa merupakan bencana yang paling berbahaya. Banyak hal yang dapat mengurangi kerugian yang diakibatkan gempa, mulai dari membangun bangunan yang dapat meredam getaran gempa, memperkuat pondasi bangunan dan masih banyak lainnya.

Tsunami

wallpaperswide.com

Tsunami diambil dari kata jepang yang berarti gelombang yang besar. Tsunami merupakan bencana yang diakibatkan gempa bumi dasar laut, yang kemudian mengakibatkan gelombang raksasa yang dapat menyapu berbagai macam yang menghalanginya. Bencana ini termasuk yang paling berbahaya juga karena tidak dapat diprediksikan kapan kejadiannya dan sangat sulit mencegah ombak besar yang datang dengan kecepatan yang tinggi.

Gunung Meletus

sp.beritasatu.com

Gunung meletus merupakan bencana alam yang cukup dahsyat yang diakibatkan meningkatnya aktivitas magma yang ada dalam perut bumi. Jika gunung akan meletus biasanya dapat dideteksi dengan melihat aktivitas perkembangannya, mulai dari siaga, waspada, awas hingga puncaknya yaitu meletus. Ketika gunung meletus akan memuntahkan berbagai macam material-material yang ada di dalam bumi, mulai dari debu, batu, kerikil, pasir, awan panas hingga yang paling berbahaya adalah magmanya.

Karena waktunya yang dapat diprediksi kapan meletusnya, maka dapat diberi peringatan kepada warga untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman, walaupun kerugian yang dihasilkan tetap tidak bisa dihindari. Magma sendiri adalah cairan panas yang keluar dari perut bumi dengan suhu yang sangat tinggi, diperkirakan lebih dari 1000 derajat celcius. Magma yang sudah keluar dari perut bumi disebut dengan lava.

korewanobaka.blogspot.com

Walaupun bencana gunung meletus menghasilkan kerugian yang besar, tetapi terdapat keuntungan dibalik bencana tersebut. Yaitu sekitar 1-2 bulan setelah bencana tumbuh-tumbuhan menjadi lebih subur, itu karena debu dan material-material yang dikeluarkan memiliki zat hara yang sangat tinggi.

Tanah Longsor

www.jurnalasia.com

Tanah longsor merupakan bencana berupa pergerakan tanah, biasanya terjadi sekitar daerah pegunungan, semakin curam kemiringan tanahnya semakin besar juga kemungkinannya untuk terjadi bencana longsor. Bencana tanah longsor biasa terjadi setelah hujan yang cukup lebat dan tanah tersebut sedikit sekali ditumbuhi tanaman. Tanaman tersebut berguna untuk menahan tanah-tanah agar tidak mudah jatuh atau terseret oleh gravitasi.

Ada juga bencana longsor alami, karena memang tanah yang kurang padat, curah hujan yang tinggi dan kemiringan yang cukup curam. Jika tanah longsor terjadi di dalam hutan, mungkin bukan masalah yang serius. Tetapi jika longsor itu terjadi tepat di samping jalan, maka hal itu dapat mengakibatkan jalan tertutup dan tidak dapat dilewati dan diakses sampai dibersihkan jalannya.

Angin Topan/Angin Puting Beliung

www.kaskus.co.id

Angin puting beliung merupakan angin yang berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi dan bergerak secara garis lurus dengan durasi kejadian maksimal 5 menit. Di indonesia bencana ini disebut puting beliung atau angin Lesus, tetapi jika di Negara Amerika disebut dengan tornado atau angin topan. Bedanya jika di Amerika angin topan dapat terjadi dengan durasi lebih dari 1 jam dan dengan kecepatan yang paling tinggi adalah 320 km/jam dengan diameter sampai 500 meter.

Bencana ini di Indonesia kurang dapat diprediksi karena kurangnya teknologi yang memadai. Tetapi di Amerika bencana angin topan sudah dapat diprediksi kapan terjadinya dan dimana tempatnya sehingga dapat menghimbau warga untuk mempersiapkan diri atau mengungsi. Walaupun dapat diprediksi tetap saja kerugian yang ditimbulkan sangat besar.

Kebakaran Hutan

hivaids-medic.com

Kebakaran hutan bisa dikaitkan dengan bencana yang disebabkan oleh alam itu sendiri, bisa juga disebabkan oleh tangan-tangan kotor manusia. Jika kebakaran hutan sudah terjadi, maka cukup susah untuk memadamkannya. Karena luasnya daerah yang terbakar dan posisinya yang jauh dari tempat penanggulangan bencana. Salah satu bahaya yang terjadi dari kebakaran hutan adalah asap yang dihasilkan dapat merusak pernapasan dan mengurangi jarak pandang.

Jika bencana kebakaran disebabkan oleh alam, kemungkinan karena petir yang menyambar. Jika ulah manusia, sudah dipastikan karena keserakahan mereka dalam membuka lahan tanpa melihat akibatnya bagi yang lain.

Kekeringan

sp.beritasatu.com

Ini adalah salah satu bencana yang paling sulit untuk dicegah dan datang hampir setiap tahun, yaitu kekeringan. Kekeringan tersendiri diakibatkan curah hujan yang turun dan suhu bumi yang semakin panas, bertambah suhu bumi yang semakin meningkat biasanya disebut dengan pemanasan global. Jika sudah terjadi kekeringan dapat mengakibatkan berkurangnya bersediaan makanan karena gagalnya panen.

Di Indonesia sendiri bencana kemarau sudah hampir selalu terjadi tiap tahun dengan tempat yang berbeda-beda. Hal itu menjadi kesulitan bagi pemerintah dalam menanggulangi tempat yang mengalami kekeringan.

Ini semua merupakan bencana yang umum terjadi di Dunia. Walaupun sebenarnya masih ada beberapa bencana lainnya tetapi jarang terjadi.

Kesimpulan

Bencana merupakan balasan dari alam yang diakibatkan aktivitas manusia yang sudah tidak terkendali dalam merusak alam. Bencana-bencana itu sebenarnya dapat dicegah jika manusia mau memperbaiki diri dengan memelihara alam dengan baik. Walaupun tidak semua bencana diakibatkan oleh ulah manusia, tetap saja ini merupakan tanda untuk selalu menjaga alam.

jalantikus.com

Manusia memang sangat membutuhkan apa-apa yang ada dari alam, tetapi jangan sampai karena kerakusan dalam mengambil apa yang dari alam, membuat alam pun marah dan membalasnya dengan balasan yang setimpal. Ini juga merupakan peringatan dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW tentang dekatnya hari kiamat, yaitu dengan semakin serakahnya manusia dalam mengambil dari alam dan bencana-bencana yang terus terjadi.

Semoga kita termasuk orang-orang yang dilindungi oleh Allah SWT dan dapat memelihara alam dengan baik, selalu istiqomah dalam beribadah kepada-Nya. Semoga ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar