Senin, 22 Februari 2016

BERITA TERKINI...

Senin 22 Feb 2016, 20:44

   WIBHutan Kota di Senayan akan Ditanami Pohon LangkaNur Khafifah- detikNewsFoto: Nur KhafifahJakarta- Arena Senayan Golf Driving Range akan disulap menjadi hutan kota.

  Nantinya lahan seluas 46.666 meter persegi atau 4,6 hektar ini akan dipenuhipohon-pohon besar dan langka."Saat ini kami masih dalam tahap mendesain landscape-nya seperti apa.

Tapi kami akan fokus pada pohon langka yang ke depan bisa memberikan manfaat signifikan," kata Dirut Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) Winarto dalam konferensi pers di GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2016).Winarto mengatakan, pohon-pohon yang akan ditanam nanti disediakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Namun sejauh ini belum dapat dipastikan pohon apa yang akan ditanam.Sekjen KLHK Bambang Hendroyono yang juga hadir dalam konferensi pers tersebut mengatakan, saat ini pihaknya tengah memikirkan pohon apa yang cocok ditanam di area tersebut. KLHK masih mengkaji jenis pohon yang cocok ditanam di area terbuka hijau itu."Kita membantu (mendesain) struktur hutan yang jenis langka, misalnya. Untuk pohonnya apa, sekarang masih dikaji," kata Bambang.Winarto menambahkan, nantinya hutan kota ini terbuka gratis untuk warga.

PPKGBK tidak memberikan tarif masuk, hanya warga yang membawa kendaraan dikenakan biaya parkir."Nantinya siapa saja bisa menikmati hutan kota ini.

Masyarakat punya tempat relaksasi," katanya.Penutupan arena komersil dijadikan sarana publik ini, diakui Winarto mengurangi pemasukan PPK GBK. Namun ia optimis dengan dijadikannya eks Senayan Golf Driving Range sebagai ruang terbuka hijau, akan ada nilai lebih yang didapat."Kita percaya bahwa konservasi akan meningkatkan value kawasan Senayan menjadi lebih baik.

Ini akan menjadi perhatian dunia, bahwa Jakarta memilikihutan kota yang benar-benar di tengah kota," katanya.Di sisi lain, Winarto mengatakan, sarana olahraga golf di Jakarta sudah cukup banyak seperti di Kemayoran, Rawamangun, Halim, Pantai Indah Kapuk dan lain-lain.

Sehingga ia yakin penutupan Senayan Golf Driving Range ini tidak berdampak signifikan bagi para penggemar olahraga golf."Di Jakarta ini ada banyak sekali lapangan golf. Di kota di negara lain tidak sebanyak ini. Sementara DKI, 30% kawasan ini harus hijau. Ini keberpihakan kepada masyarakat," tuturnya.(khf/jor)

Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar